Tiga Madrasah Negeri di Dompu Disidak Protokol Kesehatan

DOMPU, TOFONEWS. NET – Kepala Kantor Kementerian Agama (Kakan Kemenag) Kabupaten Dompu, Drs. H. Syahrir, M.Si melakukan inspeksi mendadak (sidak) ke tiga Madrasah Negeri di Kabupaten Dompu. Pelaksanaan sidak itu dilakukan untuk melihat dari dekat penerapan protokol kesehatan bagi jajaran madrasah yang telah melakukan tatap muka pada kegiatan belajar mengajarnya (KBM).

“Al-hamdulillah, jajaran madrasah MIN Dompu telah menerapkan protokol kesehatan pada kegiatan KBM-nya,” ujar Drs. H. Syahrir, Kakan Kemenag Dompu saat sidaknya di MIN Dompu, Senin (16/11).

Kendati Dompu saat ini sudah masuk zona orange lanjut Syahrir, penerapan protokol kesehatan harus tetap menjadi prioritas. “Pentingnya penggunaan masker, cuci tangan dan jaga jarak harus menjadi tanggung jawab bersama untuk disampaikan kepada siswa-siswi termasuk oang tua siswa,” katanya seraya mengingatkan pentingnya persetujuan dari orang tua wali dalam bentuk pernyataan sebagai pegangan guru.

Kakan Kemenag Dompu saat memasuki halaman MIN Dompu juga sempat ditest suhu badannya. “Suhu badan Kepala Kantor 36°C,” sebut Dian Ekawati, S.Ag, Kepala MIN Dompu seraya mengakui, salah seorang siswa yang bersuhu badan 37°C yang sempat ditest sebelum masuk sekolah terpaksa harus dipulangkan. “Kita pulangkan karena suhu badannya agak tinggi,” akuinya.

Dian Ekawati, S. Ag lebih lanjut mengungkapkan, hari ini merupakan hari pertama simulasi kegiatan Belajar Mengajar Tatap muka di tengah pandemi covid-19. Pihaknya menerapkan jadwal pembelajaran dengan menggunakan shift dari kelas I sampai VI dalam seminggu maing-masing sehari. “Ini simulasi kita, dan kita tetap menerapkan protokol kesehatan Covid-19,” tambahnya.

Sementara itu ketika melakukan kunjungan ke MTsN I Dompu, Kepala Kantor Kemenag. Dompu pada acara yang didampingi Kasubag. TU, Drs. H. A.Gani, Ketua Pokjawas, Drs. Tirmizi itu mengingatkan guru dan TU pada madrasah ini agar tetap menerapkan protokol kesehatan pada pelaksanaan KBM tatap muka. “Kita sudah dua pekan masuk KBM tatap muka dan tetap memperhatikan protokol kesehatan,” ujar Ilham, M.Si, Kepala MTsN I Dompu.

Ketika memantau kegiatan belajar mengajar di MAN Dompu yang lokasinya tidak jauh dari MIN dan MTsN I Dompu, Kakan. Kemenag. Dompu juga mengingatkan jajaran MAN untuk tetap mengindahkan protokol kesehatan. “Guru juga harus tetap mengenakan masker lebih-lebih saat tatap muka di dalam ruangan,” ingat Syahrir saat melihat dari proses pembelajaran di salah satu ruangan di MAN Dompu. (nas)