Toro Wuwu” Obyek Wisata Alternatif di Pandemi Covid-19

DOMPU, TOFONEWS.NET – Sejak pandemi Covid-19 menyebar di Kabupaten Dompu, sejumlah lokasi wisata banyak ditutup dengan tujuan untuk menghindari terjadinya kerumunan.

Pohon Wuwu yang usianya ratusan tahun menjadi spot yang indah di Lokasi ini.

Kendati demikian, sejumlah spot baru yang dijadikan destinasi wisata pun bermunculan seperti “Spot Toro Wuwu” yang lokasinya di pinggir pantai di Desa Soro Kecamatan Kempo. Lokasi ini menjadi spot yang paling dikunjungi oleh warga sekitar bahkan mereka yang dari kota Dompu menikmati keindahan alam pantai yang berpadu dengan asrinya hutan di belakangnya. “Ini pantai yang tidak kalah indahnya dengan kawasan wisata lain di Kabupaten Dompu”, ujar H. Abdul Muis, SH, M.Si, Wakil Ketua PWI NTB saat berkunjung ke obyek wisata Toro Wuwu, Sabtu (14/11).

Decak kagum dari salah seorang wartawan senior di NTB ini beralasan. Di ujung bukit yang seakan mencium bibir pantai ini para wisatawan dapat menikmati pemandangan indah dari gugusan gunung, pemukiman serta deretan sampan nelayan yang ada di sekitarnya. “Tergantung angle mana yang ingin kita bidik di atas bukit ini,” ujarnya pada kunjungannya bersama rombongan PWI Dompu.

Hal senada juga disampaikan Sekretaris PWI Kabupaten Dompu, Drs. Muhyiddin yang juga ikut bersama rombongan PWI ini. “Ini lokasi yang sangat tepat untuk menghindari kerumunan, menjadi destinasi alternatif dikala banyak lokasi wisata yang ditutup akibat pandemi covid-19.,” tandasnya seraya berjanji akan kembali berkunjung dengan keluarga.

Keindahan yang dimiliki obyek wisata Toro Wuwu ini tidak hanya ditopang oleh adanya pohon Wuwu yang usianya sudah ratusan tahun bertengger bersamanya tetapi juga ditopang oleh keindahan hutan yang masih asri di sekitarnya. “Ini harus tetap dijaga kelestariannya karena di Dompu saat ini susah mencari hutan yang masih asri seperti ini,” ujar salah seorang pengunjung Toro Wuwu.

Hasil pemantauan tofonews yang juga ikut dalam rombongan PWI ini, keindahan Toro Wuwu yang berada di sebelah timur desa Soro Timur ini tanpa rekayasa. Ketika asyik duduk di bawah rindangnya pohon tua “Wuwu”, lalu pandangan kita arahkan ke hamparan teluk Saleh terdapat dua bukit kecil nan cantik bernama “Nisa Pudu” dan “Nisa Rate”. Belum lagi hamparan pemukiman penduduk di dua desa Soro Barat dan Soro Timur.

“Di sebelah timur Toro Ruma ada lagi wadu Paju,” ujar Ny. Junari, salah seorang pengunjung kepada wartawan sambil menunjuk Toro Ruma yang tidak jauh dari Toro Wuwu tempat rombongan menikmati indahnya Toro Wuwu dan sekitarnya. “Wilayah ini harus tetap sama kita jaga kelestariannya,” tambahnya berharap. (nas)