Bisnis Pariwisata Saat Pandemi, Hotel Ditarif Covid-19

Muhammad Ali Pemilik Hotel, Bar & Rastauran Rock Pool

DOMPU, TOFONEWS.NET  – Industeri pariwisata menjadi sector yang paling terdampak akibat virus Corona atau Covid-19, karena kunjungan wisata dari berbagai Negara di dunia dengan sendirinya terhenti. Akan tetapi haruskah bisnis pariwisata di Kabupaten Dompu mati ?

Seorang pengusaha Pariwisata di Pantai Lakey Kabupaten Dompu Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB), Muhammad Ali, tidak mau menyerah terhadap serangan Covid-19, kendati disadarinya bahwa wisatawan nusantara (wisnu) saja tidak ada yang berkunjung ke Lakey apa lagi wisatawan mancanegara (wisman).

Roock Pool menyiapkan kamar dengan tarif sesuai kondisi psndemi Covid-19

“Saya memang tidak lagi berharap pada kunjungan wisman, akan tetapi saya mencoba mendulang rupiah dari wisatawan local. Saya berinovasi memanfaatkan media informasi baik di Koran maupun media social seperti Facebook dan whatsapp untuk mempromosikan tentang kesiapan Lakey secara umum dalam melawan Covid-19 terutama kesiapan penginapan kami (Ali Rock Pool Bar & Restauran)”, jelas Ali.

Tidak heran apabila standar harga tiap menu makanan dan kamar ditarifnya sesuai kondisi Covid-19. Hal ini dia lakukan karena sejumlah tamu hotal dan restaurant yang datang ke Ali Rock Pool Bar & Restauran meminta pemotongan harga dengan alasan bahwa mereka juga terdampak Covid-19. “Resikonya, kamar pun kami jual dengan harga Covid-19”, ungkap Ali.

Selama belum mewabahnya Covid-19 cerita Ali, harga kamar dan menu makanan di Ali Rock Pool Bar & Restauran memang ditentukan sesuai kebutuhan wisman sehingga jarang ditemukan ada wisnu yang memilih nginap dan makan di tempatnya. “Sekarang kamar – kamarnya yang terbilang lumayan mewah itu, Ali jual dengan harga Rp 250 ribu per malam, sedangkan makanan dan minuman di restaurannya ada yang hanya Rp 25 ribu hingga Rp 10 ribu”, terangnya.

Ali yakin, ketika nanti memasuki tahun 2021 industeri pariwisata di tanah air akan segera pulih, dimana wisman akan menjadwalkan lagi kunjungan mereka ke semua destinasi wisata di nusantara termasuk di Lakey Kabupaten Dompu.

Keyakinan itu ia dapati dari naiknya grafik pesanan kamar di Ali Rock Pool Bar & Restauran untuk sepanjang tahun 2021. Tamu dari beberapa belahan dunia seperti Australia, Amerika dan Eropa sudah mengorder kamar untuk tahun depan.

“untuk mengatasi kebutuhan dana segar, kami setujui pesanan kamar mereka dengan ketentuan membayarnya sekarang. Artinya mereka bayar sekarang nginapnya tahun depan. Kalau tidak demikian usaha kami bisa mati. Syukurnya, mereka sebagian besar sudah membayar”, kisah Ali sembari mengundang kepada seluruh masyarakat Dompu untuk menikmati malam minggu di Lakey. “kami menyiapkan menu live music gratis”, tambahnya. (Nas)