Debat Paslon Bupati Dompu Siap Digelar Sesuai Prokes Covid-19

Drs. Arifuddin AK. Ketua KPU Kabupaten Dompu

DOMPU, TOFONEWS.NET – Debat publik pertama pasangan calon Bupati dan Wakil Bupati Dompu yang akan digelar Rabu malam (04/11) di gedung Samakai Dompu siap digelar dengan ketentuan wajib menerapkan protokol kesehatan Covid-19. Agenda Pilkada ini dapat diaksikan secara live oleh masyarakat umum mulai pukul 19.00 Wita melalui live streaming facebook, chanel youtube dan live Bima TV.

“Masyarakat tidak perlu berbondong-bondong ke gedung Samakai tetapi, cukup nonton live di rumah masing-masing,” ungkap Drs. Arifuddin, Ketua KPU Dompu menjawab tofonews.net, Rabu pagi (4/11) di kediamannya di Karijawa Dompu.

Mantan Komisioner Bawaslu Dompu ini mengatakan, debat dengan tema “Reformasi Birokrasi, Pendidikan, Kesehatan dan Narkoba” akan dikawal oleh moderator handal Khurriyah, Wakil Direktur Pusat Kajian Politik Universitas Indonesia. “Saat ini beliau sudah berada di Dompu,” tandasnya seraya menambahkan, KPU Dompu sebelum acara debat publik pasangan calon ini akan menggelar diskusi dengan menghadirkan Khurriyah sebagai pembicara.

Arifuddin juga menjelaskan, pada pelaksanaan debat publik tersebut moderator akan melaksanakan tugas sesuai dengan apa yang telah dirancang oleh tim pakar. Tim pakar tersebut terdiri dari orang-orang yang mumpuni di bidangnya yakni, Prof. DR. H. Masnun (Akademisi/UIN Mataram), Brigjen. Gde Gianyar (BNN), Dr. Dodi (IDI), Suhardi Suud, DR. Ibu Khaldun (Rektor Taman Siswa Bima). “Rumusan soal-soal dari tim diserahkan kepada Khurriyah sebagai moderator,” paparnya seraya mengakui, pihak KPU hanya menyerahkan tema kepada tim pakar dan selanjutnya mereka akan menyerahkan kepada moderator.

Ketua KPU juga berharap, pelaksanaan debat dapat berjalan lancar dan aman. Untuk itu, setiap yang mengikuti acara debat di Gedung Sama Kai harus mematuhi protokol kesehatan Covid-19. Untuk menncegah terjadinya penyebaran dan penularan Cobid-19 sangat dihimbau kepada seluruh masyarakat Dompu untuk tidak perlu datang ke gedung Samakai.

Karena live katanya, sebaiknya tetap di rumah saja sambil mendengar visi-misi pasangan calon sehingga dapat menentukan pilihan terbaik pada tanggal 9 Desember 2020 mendatang. “Kita berharap pilkada sukses dan masyarakat juga selamat,” tuturnya.

Ditanya soal jumlah peserta yang boleh hadir pada debat itu, Ketua KPU Dompu ini mengharapak semua elemen baik tim sukses dan pasangan cslon dapat ikut menegakkan Peraturan KPU bahwa hanya boleh dihadiri oleh 50 orang. Dari tiga pasangan calon berikut pendukung masing-masing 4 orang, Bawaslu, Anggota KPU, Tim pakar, moderator, unsur Forkopinda. “Sementara media adalah yang sudah register di KPU dan mendapatkan nametag,” tandasnya sembari menambahkan, unsur keamanan sebanyak sepuluh orang dengan pengamanan tertutup menggunakan batik.

Dalam menjalankan amanah sebagai Komisioner KPU, pihaknya tetap berpedoman pada aturan dan perundang-undangan yang berlaku sebagai payung hukum. Kewajiban sebagai penyelenggara katanya, adalah melaksanakan pemilukada ini sesuai aturan dengan tegas. “Kalau tidak sesuai aturan itu akan timbulkan masalah,” ujarnya sembari menambahkan, KPU tidak boleh takut kepada siapapun kecuali takut kepada Allah.

Sekali lagi ia berharap, debat ini dapat memberikan pemahaman yang utuh kepada masyarakat sehingga dapat menentukan pilihannya. “Mari kita sama – sama wujudkan persatuan dan kesatuan dan tetap mematuhi protokol kesehatan,” paparnya. (nas)