Debat I Pasangan Calon Bupati Dompu, Polisi Siapkan Pengamanan Ketat

AKBP Syarif Hidayat, Kapolres Dompu

DOMPU – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Dompu akan menggelar agenda debat public pertama bagi tiga pasangan Calon Bupati dan Wakil Bupati yang dijadwalkan pada Rabu 04/11/2020. Untuk lancar dan amannya kegiatan debat public ini, Kepolisian Resort (Polres) telah merencanakan penutupan jalur menuju Gedung Sama Kai tempat akan berlangsungnya “Debat Publik”.

Kapolres Dompu AKBP Syarif  Hidayat SH, SIK menyampaikan, Jalan Ahmad Yani, depan Gedung Samakai Dompu pada Debat Perdana Pilkada 2020 akan ditutup untuk transportasi umum. Bahkan penutupannya akan diberlakukan satu jam sebelum acara debat dimulai yakni sekitar pukul 18.30. “Dari Patung Kuda hingga simpang Koramil Kota akan ditutup mati”, tegasnya.

Menurut Kapolres, kepada siapa pun yang masuk areal debat Calon Bupati dan Wakil Bupati Dompu, nantinya harus bisa mengikuti ketentuan yang tertuang dalam gerakan 5M. Pihaknya akan ekstra ketat untuk mengawal pemberlakuan Inpres nomor 6 dan Perda NTB Nomor 7 tahun 2020 tentang protocol kesehatan Covid. “Sesuai PKPU, debat hanya boleh dihadiri 50 orang saja di dalam gedung. Masing-masing Paslon hanya boleh diikuti 4 pendukung selain Paslon sendiri,” urai Syarif, Sabtu 31/10/2020.

Dia menegaskan, bahwa pada malam debat calon Bupati itu, yang boleh lewat menuju jalur Gedung Sama Kai hanya kendaraan tim sukses dan paslon, kendaraan lain tidak diperkenankan memasuki area tersebut. “Polisi akan melakukan pemeriksaan berlapis yakni di Patung Kuda juga Simpang Koramil dan saat memasuki Gedung Samakai”, tukas Kapolres.

Untuk menjamin amannya pelaksanaan debat, sekitar satu jam sebelum acara dimulai personel penjinak bom dari Brimob Polda NTB akan lebih awal memeriksa keamaman areal debat. “Kami harus over estimated dalam memprediksi kesiapan pengamanan. Karenanya, yang boleh masuk gedung hanya memegang Name Tag dari KPU. Dalam pengamanan ini, kami diback up oleh anggota TNI Kodim 1614 Dompu”, terangnya.

Guna mencegah penyebaran Covid-19, Kapolres menghimbau kepada seluruh pendukung masing – masing pasangan calon untuk menonton debat melalui streaming Youtube dan Media Sosial KPU, karena kegiatan ini disiarkan secara langsung.

Sebagaimana diketahui, ada tiga pasangan calon bupati yang bertarung pada Pilkada Dompu yakni, pasangan Hj. Eri Aryani – H. Ikhtiar (ERI – HI), Abdul Kader Jaelani (AKJ) – Syahrul Parsan (AKJ – SYAH) dan pasangan H. Syaifurrahman Salman – Ika Rizky Veryani (SUKA). Debat ini bertema “Reformasi Birokrasi, Pendidikan, Kesehatan dan Narkoba yang akan dimoderatori oleh Khurriyah, Wakil Direktur Pusat Kajian Politik Universitas Indonesia (UI) dan disiarkan secara live oleh Bima TV NTB.  (Yi)