Air PDAM Keruh, Warga Dompu Mengeluh

Keruhnya air PDAM Dompu sangat tidak layak untuk digunakan bagi kebutuhan manusia

DOMPU – Seluruh masyarakat Kabupaten Dompu Pelanggan air bersih Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) mengeluhkan keruhnya air yang mengalir ke kamar mandi, dapur hingga kran di taman rumah mereka, pasalnya warna air yang mereka hendak gunakan untuk mencuci dan mandi berwarna coklat laksana kopi susu.

Keluhan ini juga terunggah di media social FaceBook dengan memperlihatkan foto bak mandi dengan air yang sedang mengalir di kran pipa PDAM. Seperti Thread Starter (TS) yang ditulis Akun Fatma Wati Subari, “suguhan fantastis di awal musim hujan, Air PDAM bagai kopi susu. Hujan belum satu jam banjir sudah menyapa”.

TS ini mendapat komentar yang lumayan memperlihatkan kekecewaan mereka terutama para ibu rumah tangga (IRT) bahwa, betapa sangat tidak pantasnya air ini untuk digunakan kecuali untuk siram tanaman. Diantara mereka ada yang mengaku sudah 3 hari beli air galon guna pemenuhan kebutuhan rumah tangganya baik untuk mencuci maupun mandi. Kenapa ? karena air dari PDAM, katanya, digunakan untuk mencuci kaki saja rasanya sangat mengerikan.

Sejumlah IRT yang berhasil ditemui wartawan, terutama mereka yang bermukim di sekitar Kecamatan Dompu atau wilayah kota, rata – rata mengeluhkan kekeruhan air PDAM. Karena kekesalannya bahkan ada diantara ibu – ibu yang mengancam tidak akan membayar air PDAM sepanjang musim hujan. (Yi)