Cegah Penularan Covid-19, Peserta Pilkada Deklarasikan Kampanye Sehat

DOMPU, TOFONEWS.NET – Pandemi Covid-19 terus menjadi momok di setiap sektor kehidupan masyarakat di berbagai daerah di tanah air, tidak terkecuali Kabupaten Dompu Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB) menjadi salah satu sasaran mewabahnya virus ini.

Untuk menekan terjadinya penyebaran dan penularan virus Corona, Provinsi NTB dengan sejumlah Kabupaten Kota yang tengah menghadapi pemilihan kepala daerah (pilkada) ini, telah diinisiasi konsep kampanye sehat dan damai yang tentu saja mendapat respon positif dari pasangan calon bupati dan calon wakil bupati peserta pilkada 2020.

Karenanya, hari ini Sabtu 17/10  bertempat di Aula Polres Kabupaten Dompu, tiga pasangan calon Bupati dan calon Wakil Bupati yang akan bertarung di Pilkada 2020 masing – masing, pasangan Hj. Eri Aryani – H. Ihtiar SH, Abdul Kader Jaelani – Syahrul Parsan dan pasangan Syaifurrahman Salman – Ika Rizky Veryani, menandatangani deklarasi kampanye sehat dan cinta damai.

Pada moment ini hadir sejumlah pejabat teras daerah Wakil Bupati Dompu Arifuddin SH, Kapolres Dompu AKBP Syarif Hidayat SH SIK, Dandim 1614 Dompu Letkol Inf. Ali Cahyono S.Kom. Sekda Dompu Drs. H. Muhibuddin, M.Si, Kepala BPBD Dompu Jufri ST. M.Si. Kajari Dompu di wakili Kasubag Bin, Abdul Kadir, Ketua KPU Dompu Drs. Arifuddin, Ketua Bawaslu Dompu diwakili Kordiv SDM, organisasi dan data, Wahyudin.

“Dengan konsep kampanye sehat dan damai ini diharapkan semua pihak mau menerapkan protokol kesehatan Covid-19 yang tentu saja bertujuan untuk menekan dan mencegah penularan virus corona”, ungkap Kapolres Dompu AKBP Syarif Hidayat SH, SIK.

Kapolres juga meminta kepada seluruh paslon Bupati dan Wakil Bupati agar dapat membentuk tim satgas Covid-19, sehingga pada saat kegiatan kampanye, dapat terlaksana dengan kepatuhan terhadap protokol kesehatan Covid-19. “Kita bersama-sama mencegah covid-19 agar nanti tidak muncul kluster Pilkada di Dompu”, tukasnya.

Salah satu poin yang tertuag dalam konsep kampanye sehat dan damai yang diprakarsai Polda NTB bersama jajarannya ini adalah bagaimana mengimplementasikan Inpres nomor 6 tahun 2020 tentang protokol kesehatan covid-19. Tujuan utamanya adalah  membiasakan masyarakat untuk memakai masker, mencuci tangan dengan sabun dan menggunakan air bersih, menjaga jarak serta menghindari kerumunan. (nas)