Simulasi AKP Terapkan Protokol Kesehatan Covid-19

DOMPU, TOFONEWS.NET – Pelaksanaan simulasi Assesmen Kompetensi Guru (AKG), Assesmen Kompetansi Kepala (AKK), dan Assesmen Kompetensi Pengawas (AKP) Madrasah di lingkungan Kantor Kementerian Agama Kabupaten Dompu berlangsung tertib dan lancar dengan tetap menerapkan protocol kesehatan Covid-19. Tidak heran peserta yang hadir di lokasi pelaksanaan ujian pun ditest suhu badannya menggunakan thermo gun.

“Ini bentuk kepedulian kita dalam mencegah penularan Covid-19,” ujar Drs. H. Hasaruddin HMJ, Kasi Pendidikan Madrasah Kantor Kementerian Agama Kabupaten Dompu, Sabtu 17/10.
Hasaruddin menyampaikan, pelaksanaan AKG, AKK, dan AKP merupakan salah satu rencana strategis Kementerian Agama dalam rangka meningkatkan mutu pendidikan Islam melalui peningkatan mutu pembelajaran baik mutu guru, kepala madrasah dan tenaga kependidikan di Madrasah. Peningkatan mutu guru, kepala dan tenaga kependidikan di madrasah ini dilaksanakan melalui skema Program Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan (PPKB).

Katanya, simulasi hari ini, sebagai bentuk uji coba assesmen sebelum assesmen sesungguhnya yang akan digelar pada Nopember mendatang. “Karena simulasi ini tetap menghadirkan guru, kepala dan pengawas, maka protokol kesehatan wajib dilakukan,” tandas Hasaruddin yang juga mantan Kepala MAN Dompu ini seraya menghimbau agar guru, kepala, dan tenaga kependidikan di madrasah tetap mengindahkan protocol kesehatan bukan saja di lingkungan madrasah tapi juga di lingkungan di mana yang bersangkutan bertempat tinggal.

Hasaruddin juga mengungkapkan, AKG, AKK, dan AKP ini merupakan baseline data pemetaan kompetensi guru dan tendik madrasah. Tujuannnya lanjut dia, untuk memperoleh informasi tentang gambaran umum kompetensi guru, kepala dan pengawas madrasah sesuai dengan standar yang ditetapkan.

“Juga untuk mendapatkan peta sebaran dan kompetensi guru, kepala dan pengawas madrasahh sebagai bahan pertimbangan dalam menentukan jenis pembinaan professional guru, kepala dan pengawas madrasah dalam program Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan (PKB),” paparnya.

Lokasi pelaksanaan assesmen yang hari ini disimulasi katanya, berada di beberapa titik yang tersebar di Kabupaten Dompu. Untuk kecamatan Woja berlokasi di MAN dan MTsN I Dompu yakni untuk guru, kepala dan pengawas yang berada di wilayah kecamatan Woja, Dompu, Pajo dan Huu. Lokasi kedua di MTs Fadilatul Islamiyah (Kec. Manggelewa) untuk guru dan kepala madrasah yang berada di wilayah kec. Manggelewa, Kempo dan Kilo. Dan lokasi ketiga di MTs Darussalam Pekat (Kec. Pekat) untuk guru dan kepala madrasah yang berada di Kec. Pekat.

“Semoga pada pelaksanaan assesmen pada Nopember mendatang berlangsung aman dan lancar,” katanya seraya mengakui, akan tetap memenuhi standar protocol kesehatan. (nas)