Dompu Zona Merah, Satu Meninggal Terjangkit Covid-19

DOMPU, TOFONEWS.NET – Kabuapten Dompu Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB), hari ini Kamis 16/04 menjadi Zona merah Covid-19. Pasalnya, seorang pasien dalam pengawasan (PDP) atas nama H. Um yang meninggal kemarin, setelah dilakukan swab test, ternyata statusnya Positif terjangkit Virus Corona.

Pada jumpa pers dengan Sekretaris Tim Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kabupaten Dompu, Jufri ST, M.Si menyebutkan bahwa pihaknya sudah menerima hasil Swab Test terhadap dua (2) orang PDP Clusters Makassar yakni, atas nama H. Um 83 tahun dan Sp 26 tahun. “Almarhum H. Um statusnya positif terjangkit Covid-19 sedangkan SP berstatus negative dan sedang dalam perawatan di RSUD Dompu dengan kondisi kesehatan yang semakin membaik” jelas Jufri.

Menjawab pertanyaan wartawan, Jufri menegaskan bahwa Tim Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kabupaten Dompu akan melakukan tracking contact terhadap mereka yang pernah berinteraksi dengan H. Um dan akan dilakukan pemeriksaan Rapid Test.
Sedangkan populasi beresiko seperti tenaga kesehatan RSUD Kabupaten Dompu sebanyak 20 orang yang pernah kontak dengan pasien SP, sudah diperiksa dengan menggunakan system Rapid Test, hasilnya pun non reaktif.

Dijelaskan, dari 139 orang Jama’ah Tabligh eks Cluster Makassar yang sudah dilakukan pemeriksaan melalui Rapid Test adalah sejumlah 129 orang. Dari hasil pemeriksaan tersebut 65 orang dinyatakan mereka berstatus reaktif. Data pemeriksaannya antara lain, hasil rapid test yang dilakukan oleh Puskesmas Calabai 15 orang, Puskesmas Kilo 17 orang, Puskesmas Soriutu 8 orang, Puskesmas Dompu Barat 15 orang, Puskesmas Kota 6 orang, Puskesmas Dompu Timur 1 orang dan Puskesmas Rasabou 3 orang. (Papa Didat)